Rabu, 14 Januari 2015

LURAH SUMBEREJO SIAP MENGEMBANGKAN INDUSTRI KREATIF

LURAH SUMBEREJO SIAP MENGEMBANGKAN INDUSTRI KREATIF

Berita Desa | Surabaya,

Renovasi Kantor Kelurahan Sumberejo Kecamatan Pakal Surabaya 

 Kelurahan Sumberejo Kecamatan Pakal Surabaya sangat berpotensi dalam pengembangan industri kreatif. Selain itu , wilayah hasil penggabungan dengan kelurahan tambakdono itu juga memiliki lurah baru yang siap membangun desa menjadi lebih baik dalam segi ekonomi, budaya maupun politik.

 Namun hal itu tidak mudah, karena sarana dan prasarana di wilayah yang luasnya 750 Ha (hektar) itu masih banyak yang perlu di perbaiki. Pengerukan sungai dan perbaikan jalan menjadi prioritas dalam program pembangunan kedepan. "Di harapkan dengan jalan yang bagus, ekonomi warga jadi lebih baik," kata Iwan Akhmadi lurah sumberejo yang baru di lantik pertengahan 2014 ini. 

Dia menceritakan, sebagian besar jalan di sumberejo masih banyak yang berlubang, apalagi saat ini telah berdiri kokoh stadion ‘Gelora Bung Tomo’ guna menghindari kemacetan diperlukan pelebaran jalan yang sesuai kapasitas kendaraan yang lewat di jalan utama penghubung Surabaya-gresik itu. Yang tidak kalah pentingnya juga mengenai perbaikan irigasi. Saluran air di wilayah ini sudah mengalami pendangkalan perlu di keruk dan di lebarkan. “debit air saat hujan cukup tinggi, jika tak di perbaiki air akan menggenang di wilayah ini,” paparnya ramah.

Saat ini pembangunan pavingisasi sudah terealisasi, hampir seluruh jalan desa telah di paving, pengerukan dan pelebaran sungai juga sudah dilaksanakan tapi banjir masih saja jadi momok buat warga desa kelurahan sumberejo. Dilihat dari letaknya, sungai di sini masuk dalam dua wilayah yaitu Surabaya dan gresik oleh karena itu diperlukan perbaikan sungai yang saling mendukung antar dua wilayah tersebut,agar masalah banjir bisa teratasi ”sungai yang masuk teritori Surabaya telah di perbaiki, tapi yang wilayah gresik belum,” ucap bapak dua anak itu.

Muda dan Energik : Iwan Akhmadi Lurah Sumberejo saat di ruang kerjanya

"sebagai pemimpin saya mendukung secara penuh serta menfasilitasi apa yang dibutuhkan warga,"







Lebih lanjut, iwan menuturkan, menaruh harapan besar pada warganya untuk mengembangkan  industri kreatif yang sudah ada atau menciptakan yang baru, antara lain, bandeng presto yang sudah jadi ciri khas kelurahan sumberejo, dan baru-baru ini salah satu warganya memproduksi sabun tanpa limbah. Potensi SDM serta kreatifitas warga  perlu didorong dan terus di kembangkan supaya warga jadi lebih produktif, disisi lain nantinya ekonomi warga ikut meningkat. "sebagai pemimpin saya mendukung secara penuh serta menfasilitasi apa yang dibutuhkan warga," ujarnya bersemangat.

Dilihat dari letak geografiisnya, kelurahan sumberejo berbatasan langsung dengan kabupaten gresik di bagian utara dan barat.  Dengan topografi yang rendah ,kawasan ini selalu terkena imbas dari luapan kali lamong jika curah hujan sedang tinggi. "wilayah ini merupakan titik temu aliran sungai dari surabaya dan gresik, airnya menggenang di sini," ujar lurah yang masih berusia 35 tahun itu.

Selanjutnya, program pembangunan di kelurahan yang berpenduduk 11 ribu  jiwa itu diharapkan tidak banjir lagi, sehingga perkembangan industri kreatif bisa berjalan lancar dengan di imbangi infrastruktur yang baik. Perekonomian jadi lebih maju, kemandirian dan kesejahteraan hidup warga tercapai.


Untuk mencapai semua itu, butuh partisipasi aktif dari berbagai pihak, baik jajaran pemerintah daerah ,aparatur desa serta masyarakat sekitar. "Kalau jalannya bagus, mau kemana-mana jadi tak khawatir" katanya  menutup pembicaraan.(M.Su'ud)
Share:

1 komentar:

  1. kawal terus pembangunan desa, supaya ada transparansi antar warga dengan aparat desa

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support