Jumat, 16 Januari 2015

Profil Desa

Mengenal Lebih Dekat Kelurahan Manukan Kulon

JANTUNG PEREKONOMIAN SURABAYA BARAT



Wajah Baru: Kantor kelurahan setelah di renovasi
Berita Desa | Surabaya



            Bila anda baru pertama kali Memasuki kelurahan Manukan kulon,jangan heran, jika lokasi yang berjarak sekitar 20 km dari pusat pemerintahan kota Surabaya ini memiliki fasilitas lengkap seperti layaknya sebuah kota. Pandangan pertama yang terlihat adalah lalu lintas yang sangat ramai.mobil barang,angkutan umum, sepeda motor, sampai becak, hilir mudik silih berganti menggerakkan roda perekonomian di kelurahan yang padat penduduk tersebut. Deretan ruko, pertokoan,swalayan besar nampak berjejeran.

            kelurahan yang dulunya berupa lahan tandus ini, Pada mulanya hanya terdiri dari 2 RW , sekarang terbagi menjadi 15 RW dan 124 RT "Dulu tak sepadat ini mas, sejak perumnas melakukan pembangunan perumahan di sini, tempat kami jadi ramai dan di serbu warga pendatang yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat" kata pak Roihan S,pt. Lurah manukan kulon saat wawancara dengan wartawan info Desaku di tempat kerjanya jl Manukan Asri 1-A Surabaya 60185.

           
Melayani : Petugas kelurahan sedang melayani warganya



Hal senada juga di ungkapkan Bapak Mahari Ketua RW 6, yang sudah menghuni perumnas sejak tahun 1982  di rumahnya, "Dulu mau cari apa-apa susah ,sekarang sudah enak,banyak pertokoan dan pedagang, jalannya pun sudah bagus",tutur bapak 3 anak ini yang ramah ini.

            Dilihat dari Letak geografisya,lokasi manukan kulon terbilang cukup strategis, luas wilayah nya 201 Ha,batas timur dan utara berbatasan dengan kelurahan manukan wetan,  sebalah barat berbatasan dengan kelurahan banjarsugihan dan kelurahan Lontar batas sebelah selatan. komposisi penduduknya kebanyakan warga pendatang dari berbagai daerah di jawa timur Berdasarkan data yang tercatat di kelurahan, saat ini jumlah penduduk manukan kulon sudah mencapai 36 ribu jiwa , yg kebanyakan berprofesi sebagai PNS,pegawai swasta,pensiunan dan wirausaha.
Padat : Nampak Petugas mengatur lalu lintas di manukan kulon

            Sementara itu ,saat ini di manukan lor yang masih merupakan cakupan wilayah kelurahan manukan kulon sedang di  bangun sentra PKL ,guna menampung dan memusatkan pedagang kaki lima pada satu tempat. Dengan harapan perekonomian serta kesejahteraan warga sekitar menjadi lebih baik.


Sedangkan untuk karakter penduduk yang memadati manukan kulon tergolong heterogen,banyak warga pendatang. Namun hal itu  tak menyurutkan partisipasi dan kerukunan warga dalam membangun desa serta peran aktif masyarakat dalam berorganisasi.(M.Su'ud)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support